Yamaha

Awas! 3 Hal ini Bikin Garansi Resmi Sepeda Motor Bisa Gugur

warungbiker.com – brosis sekalian, setiap pembelian sepeda motor di dealer resmi, tentunya telah dilengkapi dengan garansi resmi sebagai jaminan kualitas kendaraan.

Seperti Honda misalnya, memberikan garansi injeksi selama 5 tahun atau 50.000 kilometer, garansi mesin selama 3 tahun atau 30.000 kilometer serta garansi rangka dan kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 kilometer.

Awas! 3 Hal ini Bikin Garansi Resmi Sepeda Motor Bisa Gugur

Namun, perlu diperhatikan bahwa garansi bisa saja gugur, sehingga brosis sekalian sebagai pemilik sepeda motor Honda tidak bisa melakukan klaim ke AHASS. Apa saja hal-hal yang menggugurkan garansi tersebut?

1. Buku Service & Garansi Sepeda Motor Rusak

Diera modern ini, catatan service berkala telah tercatat rapi dijaringan AHASS, cukup dengan data plat nopol kendaraan atau noka/nosin kendaraan, histori service dapat diketahui, hanya saja untuk melakukan klaim garansi di AHASS masih perlu di sertai dengan Buku Service & Garansi.

Hal ini sudah menjadi syarat untuk proses klaim garansi, jika Buku Service & Garansi Sepeda Motor Rusak maka bisa dipastikan konsumen tidak dapat melakukan klaim garansi, dan harus mengeluarkan biaya sendiri untuk perbaikan maupun penggantian part.

2. Pengunaan Sepeda Motor Honda Tidak Sesuai Dengan Buku Pedoman Pemilik

Hal lain yang berpotensi menghilangkan garansi adalah penggunaan kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi, kapasitas, dan kecepatan. Pengalihan fungsi kendaraan pun bisa menghanguskan garansi resmi karena tidak sesuai dengan peruntukan awal.

3. Sepeda Motor Sudah Dimodifikasi

Ada kalanya brosis sekalian ingin tampil beda dengan melakukan modifikasi pada sepeda motor. Seperti penggantian roda yang tidak sesuai spek kendaraan, atau pemasangan lampu tambahan yang memberikan beban berlebih pada kelistrikan. Padahal hal ini bisa menggugurkan garansi.

Perubahan pada mesin, bodi, parts, kelistrikan, nomor rangka dan mesin atau hal lainnya yang tidak sesuai standar apalagi dilakukan di luar bengkel resmi bisa membuat garansi hilang.

Oleh karena itu, untuk lebih memahami garansi dan menghindari hal-hal yang bisa menggugurkan garansi, brosis sekalian diharapkan membaca Buku Pedoman dan Kartu Garansi secara cermat sehingga bisa melindungi sepeda motor honda-mu dengan lebih baik.