Yamaha

Cara Menggunakan Engine Brake Yang Aman Ala Honda

WARUNGBIKER.COM - Cara Menggunakan Engine Brake Yang Aman Ala Honda.

Brosis sekalian, Engine brake adalah teknik menurunkan kecepatan kendaraan selain mengerem secara konvensional. 

Teknik ini biasanya dilakukan dengan cara mengendurkan gas sambil menurunkan gigi tinggi langsung ke gigi rendah untuk sepeda motor manual/kopling. 

Engine brake biasa dilakukan saat situasi darurat ketika pengereman konvensional tidak cukup membantu menghentikan laju kendaraan. Kondisi lainnya adalah saat turunan curam.

Namun demikian, teknik engine brake harus dilakukan dengan benar. Karena jika dilakukan dengan salah justru bisa merusak mesin sepeda motor. 

PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen sepeda motor merk Honda di Tanah air memberikan tips/cara Menggunakan Engine Brake Yang Aman dan Nyaman. 

Via Laman Instagram @welovehonda_id, AHM/Honda membagikan tips jitu ini untuk brosis sekalian agar tidak salah kaprah saat menggunakan engine brake.
1. Tutup putaran gas secara perlahan
2. Lihat kecepatan kendaraan
3. Turunkan gigi perseneling secara bertahab sesuai kecepatan. Contoh : Dari gigi 4 pindah ke gigi 3 saat kecepatan dibawah 50-60 km/jam. Kemudian pindah ke gigi 2 saat kecepatan di bawah 30-40 km/jam. 

Selain itu, pastikan untuk memegang stang motor dengan kuat karena engine brake akan menimbulkan perubahan kecepatan secara mendadak. 

Nah, itulah beberapa panduan yang bisa brosis ikuti saat melakukan engine brake yang aman dan nyaman. Terimakasih, semoga berguna. 

Posting Komentar

© warungbiker.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain