Yamaha

Langkah Mudah Isi Air Radiator Motor Ala MPM Honda Jatim

WARUNGBIKER.COM - Langkah Mudah Isi Air Radiator Motor Ala MPM Honda Jatim.

Brosis sekalian, mengganti air radiator merupakan bagian dari perawatab wajib yang perlu diketahui oleh kita sebagai pemilik sepeda motor.

Penggantian air radiator wajib dilakukan agar performa mesin sepeda motor Anda tetap maksimal.

Jika radiator kekurangan cairan pendingin akan berdampak negatif terhadap mesin motor, apalagi untuk motor yang punya kompresi tinggi dengan power yang cukup besar.

Nah, jika brosis menemukan radiator kekurangan cairan pendingin, brosis bisa secara mandiri melakukan penggantian cairan pendingin dengan mengikuti panduan yang dibagikan oleh MPM Honda Jatim melalui laman instragram @mpmhondajatim.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengganti air radiator di motor.

1. Pertama siapkan cairan khusus radiator (2 botol cukup), hindari menggunakan air keran atau air AC (Air Conditioner), radiator flush, wadah penampungan dan kunci nomor 8 untuk membuka baut di tutup radiator.

2. Setelah tutup radiator terbuka, langkah selanjutnya adalah membuka clamp selang yang biasanya ada di atas baut 8 tadi. Sebagai catatan, jangan membuang semua air radiator lama, sisakan sedikit untuk proses flushing.

3. Kemudian kencangkan lagi baut pembuangan tadi, lalu tuangkan cairan radiator flush melalui lubang bagian masuk atas.

4. Jika sudah pasang tutup radiator coba hidupkan mesin selama kurang lebih 5-10 menit. Ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang mengendap di bagian tersempit radiator. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai suhu mesin normal atau dingin.

5. Setelah memastikan mesin dingin, buang semua air radiator lewat lubang pembuangan. Sampai benar-benar kering ya! Jika sudah, pasang kembali bautnya. 

6. Last, tuangkan radiator coolant yang baru ke dalam radiator sampai penuh. Kemudian nyalakan mesin tidak perlu digas. Perhatikan, jika sirkulasi radiator bagus, air akan membentuk seperti pusaran, kemudian tutup kembali radiator.

Mudah bukan?? Itulah beberapa panduang yang bisa brosis ikuti jika hendak melakukan pengantian Air Radiator secara mandiri. Terimakasih, semoga berguna. 

Posting Komentar

© warungbiker.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain