Yamaha

Special Valentine, MPM Berbagi Tips #Cari_Aman Saat Naik Motor

WARUNGBIKER.COM - Special Valentine, MPM Berbagi Tips #Cari_Aman Saat Naik Motor.


Brosis sekalian, Momen berbagi kasih sayang memang dirayakan secara khusus pada hari Valentine.

Meskipun begitu, nuansa penuh cinta tak hanya berhenti di Hari Kasih Sayang saja.

Hari Valentine bisa jadi momen yang pas untuk berbagi kebahagiaan bareng orang-orang terkasih dengan cara lebih special seperti touring bareng ataupun sekedar berkendara keliling kota.

Untuk itu perlunya mengetahui persiapan dan teknik sebelum melakukan riding dengan berboncengan agar aman.

Apa saja yang perlu dipersiapakan, Instruktur Safety Riding MPM Honda Jatim Fendrik Alam memberikan tipsnya :

1.         Persiapan

Sebelum mulai jalan, persiapkan keadaan motor dalam keadaan yang prima seperti kondisi ban tidak  kekurangan angina. Karena motor akan dipakai berboncengan berbeda dengan motor yang dipakai sendirian. Selain rawan bocor, nantinya kondisi ini akan mengurangi kemampuan mengendalikan motor.

 2.         Riding Gear

Jangan lupa gunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sarung tangan , celana dan sepatu. Penggunaan riding gear bertujuan agar menghindari tubuh kontak langsung bila terjadi benturan. 

Pastikan helm yang uda “klik” baru berkendara. Bagi yang dibonceng sebaiknya menggunakan celana panjang agar gerak lebih fleksibel dan seluruh tubuh terlindungi termasuk kaki (berbahan tebal jeans atau denim). 

3.         Pastikan Pijakan Aman

Posisi kaki yang dibonceng berada dipijakan kaki pada footstep yang tersedia dan kaki tidak melebar melebihi lebar spion karena bisa berbahaya bagi yang dibonceng dan juga pengendara, 

4.         Pegangan kedua tangan di pinggang pengendara,

Pastikan duduk menghadap ke depan (tidak bonceng miring) karena hal ini akan memudahkan pengemudi untuk semakin seimbang dalam mengendarai motornya. Dan lutut boncenger sebisa mungkin merapat kesisi dalam pangkal paha pengendara. 

5.         Jangan Ugal – Ugalan

Berkendaralah secara aman, dengan mematuhi rambu – rambu lalu lintas yang ada. Pastikan kecepatan juga gak kelewat ngebut. Untuk pengendara tetap fokus pada jalan yang akan dilalui serta jangan bercanda diatas motor dengan gebetan yang akan ber akibat hilangnya fokus saat berkendara. 

Pada saat dibonceng usahakan pandangan sama seperti yang dilihat pengendara yaitu arah tujuan, agar selalu siap bila terjadi apapun. Karena boncenger mempunyai resiko yang sama dengan pengendara.  

“Nikmatin waktumu dengan si doi dengan kecepatan yang sedang – sedang aja. Tetep utamakan #Cari_Aman ketika di jalan toh kalau ngebut kamu gak bisa menikmati waktumu dengan gebetan secara maksimal kan.” Tutup Fendrik

Posting Komentar

© warungbiker.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain