Notification

Yamaha

MPM Honda Jatim Bagi Tips Mencuci Motor Yang Aman

Warungbiker.com, SURABAYA – Brosis sekalian, tahu gak sih, kalau mencuci motor selain dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang, ternyata bisa juga menjadi kesempatan untuk melihat kondisi motor lebih detil sehingga kita mengetahui komponen-komponen motor yang kondisinya mulai tak normal atau menunjukan gejala akan rusak. 

Meski demikian, brosis yang suka mencuci sepeda motor kesayangan tetah harus memperhatikan beberapa hal agar kondisi motor tetap prima. 

Jangan sampai, niat baik yang kita lakukan malah memperburuk kondisi sepeda motor kesayangan. 

Biasanya, kesalahan menggunakan sabun, alat pembersih, dan langkah-langkah mencuci motor sendiri, dalam jangka panjang akan membuat warna cat motor terlihat kusam dan banyak muncul baret halus. 

Untuk itu, PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM Honda Jatim) selaku distributor sepeda motor dan suku cadang Honda di Jatim-NTT membagikan Tips Mencuci Motor Yang Aman via lama instagram @mpmhondajatim. 

Ada beberapa langkah yang perlu brosis  perhatikan saat mencuci motor sendiri : 

1. Pastikan Mesin Dalam Suhu Rendah 

Sebelum membilas motor dengan air, pastikan area mesin, knalpot, rem dan part-part lain yang cenderung bersuhu tinggi setelah pengendaraan dibiarkan terlebih dahulu sampai dalam suhu rendah dimana besi akan mengalami kontraksi termal. 

Besi atau logam panas yang langsung terkena air dingin akan mengalami kejutan termal yang bisa merusak logam atau besi. Memang dampaknya tak langsung terlihat. Tapi jika hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang Panjang, maka konsekuensinya bisa merusak komponen mesin bagian luar dan dalam. 

2. Gunakan Standar Tengah 

Hal ini bertujuan untuk membuat posisi motor lebih stabil dan memudahkan menjangkau bagian bawah motor. 

3. Bilas Dengan Air Bertekanan Rendah 

Bilas seluruh bodi motor dengan air bertekanan rendah. Langkah ini dilakukan untuk menyeka atau membersihkan kotoran yang menempel pada bodi. Jika langsung dicuci tanpa dibilas terlebih dahulu, dampaknya kerikil atau pasir yang melekat bisa menempel di kain lap atau spons sehingga menyebabkan goresan di bodi motor. 

Air bertekanan tinggi bisa merusak atau menggeser posisi komponen motor yang tak kuat menahan tekanan tinggi. 

4. Gunakan Kain Berbeda 

Gunakanlah kain atau spons berbeda untuk membersihkan bagian atas dan bawah sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk menghindari kotoran atau pasir menempel pada kain sehingga bisa menggores bodi motor. 

Usahakan cuci bagian atas atau bodi motor terlebih dahulu, kemudian baru cuci bagian bawah motor dengan kain berbeda. Bersihkan dengan hati-hati bagian lensa lampu, panel dan komponen plastik lainnya agar tidak terjadi goresan pada permukaannya. 

5. Gunakan Sabun Cuci Khusus 

Saat ini banyak pilihan sabun atau sampo khusus untuk mencuci motor. Kandungan kimia dalam sampo khusus mencuci kendaraan ini tak membuat warna cat kendaraan cepat pudar. 

6. Bilas dan Keringkan 

Setelah yakin telah seluruh bagian luar motor sudah bersih, bilas dengan air bertekanan rendah untuk menghilangkan sisa sabun atau busa yang menempel untuk menghindari terjadinya noda atau bercak pada bodi dan komponen motor. Setelah dibilas, keringkan dengan kain lap halus seperti microfiber agar bodi tidak baret. 

Jangan lupa untuk melumasi rantai roda dan gear setelah proses pencucian dan pengeringan motor, hal ini bertujuan agar part tersebut dapat bekerja dengan maksimal. 

Itulah beberapa poin yang harus brosis perhatikan saat mencuci sepeda motor sendiri. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

© warungbiker.com. All rights reserved. Developed by Jago Desain