Touring Lintas Merdeka Bareng CRF150L : Perjuangan Taklukan Jalan Off Road Menuju Rumah Persada Sukarno

Warungbiker.com, MALANG - Touring Lintas Merdeka Bareng CRF150L : Perjuangan Taklukan Jalan Off Road Menuju Rumah Persada Sukarno.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelum, Touring Kemerdekaan yang digagas oleh MPM Honda Jatim kali ini tidak hanya menyusuri jalan aspal saja, melainkan jalan on road dan off road menggunakan motor trail Honda yakni CRF150L. 

Yups, event yang bertajuk “Touring Lintas Merdeka” ini sedianya dihelat pada 19-20 Agustus 2023. Setidaknya ada 15 orang peserta yang terlibat memeriahkan event ini yang terdiri dari blogger dan vlogger jawa timur. 

Kegiatan dimulai dari markas Moto East Java yang terletak di Jl. Simpang Sulfat Utara No.63, Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kota Malang. Ritual wajib sebelum malakukan perjalanan, peserta terlebih dahulu malakukan sarapan, briefing rute dan pemanasan guna meminimalisir cidera. 

Start sekitar pukul 09.00 WIB, peserta menggunakan motor trail Honda CRF150L, menyusuri padatnya jalannya kota malang, menuju kota batu dan berhenti sejenak di ngantang malang, atau tepatnya di waduk selorejo. Awal dari perjalanan ini, peserta hanya melewati jalan aspal saja. 

Selepas rehat sejenak di waduk selorejo, kegiatan “Touring Lintas Merdeka” dilanjutkan dengan menyusuri jalanan off road menuju kediri dengan tujuan singgah selanjutnya yakni Rumah Persada Sukarno yang terletak di Desa Pojok, Kec. Wates, Kabupaten Kediri. 

Senada dengan tema kemerdekaan yang diusung, perjalanan menuju Rumah Persada Sukarno ini peserta dituntut berjuang untuk menaklukan jalanan off road. Di atas kertas, MOTO East Java menyebutnya hanya gravel perkampungan, namun kenyataanya jalanan yang dilalui adalah jalur sungai ditambah jalanan yang lebih tepat disebut dengan jalur rally, berbatu, berpasir dan penuh debu sehingga menuntut peserta untuk selalu fokus dalam menaklukan jalan off road ini. 

Untungnya, performa apik dari Honda CRF150L terbukti mumpuni. Mesin Honda CRF150L  mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 9,51 kW(12,91 PS)/8.000 rpm dengan torsi maksimum 12,43 Nm(1,27 kgf.m)/6.500 rpm jadi modal ampuh peserta untuk menaklukan jalanan off road. Ditambah jarak terendah ke tanah yang tinggi mencapai 285 mm membuat Honda CRF150L lancar melewati obstacle yang ada. 

Kurang lebih selama 3 jam perjalanan, berjibaku dengan jalanan berbatu, berpasir dan penuh debu, akhirnya sekitar pukul  13.30 WIB peserta sampai di Rumah Persada Sukarno guna menilik sejarah masa lampau di mana Presiden RI pertama yakni Ir. Sukarno pernah singgah di rumah sejarah yang terletak di Desa Pojok, Kec. Wates, Kabupaten Kediri tersebut. 

Selain menggali lebih dalam mengenai sejarah Rumah Persada Sukarno, peserta istirahat sembari makan siang bersama guna melepas lelah sebelum melanjutkan perjalanan ke Bukit Jowin yang mana menjadi tujuan akhir di hari pertama kegiatan “Touring Lintas Merdeka” ini.